Relasi Kesetaraan & Relasi Pengurutan Parsial


 Relasi Kesetaraan & Relasi Pengurutan Parsial

   Assalamualaikum wr.wb
Di postingan kali ini saya akan menjelaskan atau membahas materi Relasi Kesetaraan & Relasi Pengurutan Parsial, lansung saja ini dia penjelasannya...

A. RELASI
     Relasi adalah suatu aturan yang memasangkan anggota himpunan ke himpunan lain. Suatu relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah pemasangan atau perkawanan atau korespondensi dari anggota-anggota himpunan A ke anggota-anggota himpunan B.


B. RELASI KESETARAAN  
     Contoh memperlihatkan bahwa sebuah relasi dapat memiliki beberapa sifat sekaligus. Jika sebuah relasi mempunyai beberapa sifat setangkup, refleksif, dan menghantar sekaligus, maka relasi tersebut dinamakan relasi kesetaraan (equivalence relation).

Definisi; Relasi pada himpunan disebut relasi kesetaraan (equivalence relation) jika ia refleksif, setangjup dan menghantar.

Contoh : 
                A = himpunan mahasiswa, R relasi pada A:
                (a, b) Î R jika a satu angkatan dengan b.



  • R refleksif: setiap mahasiswa  seangkatan dengan dirinya sendiri
  • R setangkup: jika a seangkatan dengan b, maka b pasti seangkatan dengan a.
  •  R menghantar:  jika a seangkatan dengan b dan b seangkatan dengan c, maka pastilah a seangkatan dengan c. Dengan demikian, R adalah relasi kesetaraan.
C. RELASI PENGURUTAN PARSIAL
    
Definisi :
Relasi R pada himpunan S dikatakan relasi pengurutan parsial jika ia refleksif, tolak setangkup, dan menghantar. Himpunan S bersama-sama dengan relasi R disebut himpunan terurut sacara parsial, dan dilambangkan dengan (S, R).

Contoh :
               A = himpunan siawa SMP
               R = relasi pada A
               (a, b)  R jika a sekelas dengan b. Tentukan (A, R)

Penyelesaian:
  • R refleksif                        : setiap siswa SMP sekelas dengan dirinya sendiri
  • R tolak setangkup            : jika a sekelas dengan b, maka b pasti sekelas dengan a.
  • R menghantar                  : jika a sekelas dengan b dan b sekelas dengan c, maka  pastilah                                                     a sekelas dengan c. 

 Nah hanya segitu penjelasan dari saya lebih dan kurang saya mohon maaf, jangan lupa komen ya, agar saya tahu apa yang kurang dan apa yang harus di tambahkan, semoga bermanfaat.
   
     Assalamualaikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH DEBIAN - LINUX

7 SEGMENT ANODA & KATODA

GRAF PLANAR