Fungsi & Sifat-sifat Fungsi


   Assalamualaikum wr.wb

FUNGSI 
Di postingan kali ini saya akan menjelaskan atau membahas materi Fungsi dan Sifat-sifat fungsi lansung saja ini dia penjelasannya...

A. FUNGSI 
     Fungsi dalam matematika adalah suatu relasi yang menghubungkan setiap anggota x dalam suatu himpunan yang disebut daerah asal (Domain) dengan suatu nilai tunggal f(x) dari suatu himpunan kedua yang disebut daerah kawan (Kodomain). Himpunan nilai yang diperoleh dari relasi tersebut disebut daerah hasil ( Range).

Pada fungsi, terdapat beberapa istilah penting, di antaranya:
  • Domain yaitu daerah asal
  • Kodomain yaitu daerah kawan
  •  Range yaitu daerah hasil yang merupakan himpunan bagian dari kodomain. 
B. SIFAT-SIFAT FUNGSI 
  
1. Fungsi Injektif (Satu-satu)
    Disebut fungsi satu-satu . Misalkan fungsi f menyatakan A ke B maka fungsi f disebut suatu fungsi satu-satu (injektif), apabila setiap dua elemen yang berlainan di A akan dipetakan pada dua elemen yang berbeda di B. Selanjutnya secara singkat dapat dikatakan bahwa f:A→B adalah fungsi injektif apabila a ≠ b berakibat f(a) ≠ f(b) atau ekuivalen, jika f(a) = f(b) maka akibatnya a = b.










2. Fungsi Surjektif (Onto)
    Fungsi f: A → B disebut fungsi kepada atau fungsi surjektif jika dan hanya jika untuk sembarang b dalam kodomain Bterdapat paling tidak satu a dalam domain A sehingga berlaku f(a) = b. Dengan kata lain, suatu kodomain fungsi surjektif sama dengan kisarannya (range).

     
 
 3. Fungsi Binjektif 
    Suatu pemetaan f: A→B sedemikian rupa sehingga f merupakan fungsi yang injektif dan    surjektif sekaligus, maka dikatakan “f adalah fungsi yang bijektif” atau “ A dan B berada dalam korespondensi satu-satu”.
4. Fungsi into
    Fungsi f : A → B disebut Into jika ada anggota B tidak mempunyai pasangan dengan anggota A.




 Nah hanya segitu penjelasan dari saya lebih dan kurang saya mohon maaf, jangan lupa komen ya, agar saya tahu apa yang kurang dan apa yang harus di tambahkan, semoga bermanfaat.
 
     Assalamualaikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH DEBIAN - LINUX

7 SEGMENT ANODA & KATODA

GRAF PLANAR